mudik

 

gif maker

 

 

free counters

free web tracker

Kepuasan Pasien Kami Utamakan
image

PURIASIH GROUP

Waspadai Penyakit Pasca Banjir

image

Banjir yang melanda kota-kota di Indonosia menyisakan masalah sosial. Ketika air telah surut, biasanya berbagai penyakit pasca banjir mengancam. Seperti penyakit kulit, infeksi saluran pernafasan atau ISPA, diare, kolera, disentri, flu, tipus hingga leptospirosis dan bukan tidak mungkin, berbagai penyakit tersebut dapat berujung pada kematian.

Dari ribuan pengungsi yang telah mendatangi pos–pos kesehatan untuk mendapatkan pengobatan. Sebagian besar dari mereka terserang diare, gatal-gatal dan infeksi saluran pernapasan atau ISPA. Bahkan tidak sedikit yang   orang harus di rawat di rumah sakit

Salah satu wabah penyakit yang paling ditakuti adalah leptospirosis . Penyakit ini kerapkali muncul pasca banjir.

Penularannya melalui kencing tikus dan menginfeksi manusia melalui luka, selaput lendir serta mata. Bakteri yang masuk ketubuh manusia ini akan mengalami proses inkubasi antara satu minggu hingga dua minggu.

Gejala klinis penyakit ini melalui beberapa stadium. Pada stadium pertama korban mengalami demam tinggi, sakit kepala, lemas dan radang mata.

Sedangkan pada staduim selanjutnya, korban akan mengalami gangguan pada liver, paru-paru yang dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini dapat diobati dengan obat antibiotik . Karena itu warga korban banjir yang mengalami gejala demam tinggi, diharapkan segera memeriksakan diri ke posko kesehatan.

Jika banjir telah surut, kewaspadaan harus tetap tinggi. Yang terpenting dilakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan pasca banjir.(indosiar)

Sun, 28 Mar 2010 @20:56


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+1+6

Copyright 2017 .puri asih hospital All Rights Reserved