mudik

 

gif maker

 

 

free counters

free web tracker

Kepuasan Pasien Kami Utamakan
image

PURIASIH GROUP

Perangi osteoporosis sejak dini

image

Osteoporosis (pengeroposan tulang) merupakan penyakit yang gejalanya sering terlewatkan oleh kita. Osteoporosis bisa mulai terjadi sejak usia muda, yakni usia 30 tahun, tetapi umumnya penyakit ini banyak diderita oleh wanita yang berusia di atas 50 tahun.

Sekelumit tentang osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit sistemik pada tulang yang disebabkan oleh pengurangan massa tulang dan melemahkan materi kaya mineral yang kuat dan padat pembentuk tulang. Setelah kehilangan kepadatannya, tulang juga kehilangan daya dukung terhadap tubuh. Oleh karena itulah, orang yang menderita osteoporosis lebih mudah terkena patah tulang. Penyebab utama osteoporosis adalah kurang olah raga, kurang kalsium, kurang vitamin D, sering merokok, minum minuman yang mengandung alkohol dan gaya hidup malas.

massa tulang

Cara paling ampuh untuk menghindari osteoporosis adalah dengan banyk bergerak atau berolah raga secara teratur. Jenis olah raga yang dianjurkan adalah olah raga yang menggerakkan tubuh secara terus menerus seperti: jogging, berenang dan aerobik. Sementara, bagi yang sudah terlanjur terkena osteoporosis, tidak dianjurkan untuk melakukan olah raga dengan gerakan melompat. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat kalsium seperti susu, telur dan brokoli. Bagi wanita yang telah memasuki masa menopause, sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitoestrogen seperti kacang kedelai, brokoli dan tomat.

tulang

Kategori Osteoporosis

Osteoporosis sendiri terbagi menjadi beberapa kategori yang gejalanya masing-masing tetap perlu diwaspadai.

1. Osteoporosis Postmenopausal

Terjadi karena kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita) yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia di antara 51 sampai dengan 75 tahun, tetapi bisa mulai lebih cepat ataupun lebih lambat

2. Osteoporosis Senilis

Terjadi akibat kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan antara kecepatan hancurnya tulang dengan pembentukan tulang baru. Biasanya keadaan ini hanya terjadi pada usia lanjut (di atas 70 tahun) dan lebih sering menyerang wanita

3. Osteoporosis Sekunder

Disebabkan oleh keadaan medis atau pengaruh obat-obatan. Selain itu, bisa juga disebabkan gagal ginjal kronis dan kelainan hormon (terutama tiroid, paratiroid, dan adrenal) dan obat-obatan (misalnya kortikosteroid, barbiturat, anti kejang, dan hormon tiroid yang berlebihan. Pemakaian alkohol yang berlebihan dan merokok  pun bisa memperburuk keadaan ini.

4. Osteoporosis Juvenil Idiopatik

Jenis osteoporosis yang penyebabnya tidak diketahui. Sering terjadi pada anak-anak dan remaja yang memiliki kadar dan fungsi hormon yang normal, kadar vitamin normal dan tidak mimiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang.

tulang01

bungkuk

Tue, 16 Mar 2010 @09:01


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+5+6

Copyright 2017 .puri asih hospital All Rights Reserved